Loading...
Bahasa
Jumat ,
20 Oktober 2017

Kewirausahaan

  • Pembekalan Kewirausahaan

Kegiatan ini bertujuan mengembangkan wawasan bagi pemula yang berminat berwirausaha. Selain itu juga untuk membekali mereka sebagai calon wirausahawan dengan kiat-kiat memasuki dunia wirausaha, strategi memulai wirausaha, manajemen wirausaha, semangat dari wirausaha, manajemen keuangan, keterampilan yang harus dimiliki, membangun teamwork yang baik, dan bagaimana memulai bisnis di kalangan pemula. Sehingga mereka memiliki potensi wirausaha yang maksimal, tanpa harus merasa kurang percaya diri dan takut dengan resiko kegagalan.

  • Cooperative Academic Education (Coop) Program

Program Belajar-Bekerja Terpadu (cooperative academic education program) merupakan strategi pendidikan dan pengembangan sdm yang mengintegrasikan mahasiswa dengan berbagai latar belakang ilmu dari bangku kuliah dengan pengalaman kerja yang produktif ( .work-based learning. atau .work-integrated learning.). Program ini melibatkan tiga pihak yaitu mahasiswa, perguruan tinggi, dan dunia usaha. Konsep dasar : (1) awal karir seseorang bukan setelah lulus, melainkan sejak memasuki perguruan tinggi; dan (2) merupakan program praprofesional, yakni awal pilihan ke arah kemampuan untuk bekerja. Program ini berbeda dengan program-program magang biasanya, dimana pada program ini mahasiswa tidak sebatas mengamati berbagai aktifitas di perusahaan/UKM tetapi terlibat langsung layaknya seorang karyawan di perusahaan/UKM tersebut. Berbagai kualitas mahasiswa yang ingin dicapai adalah kemandirian, inovatif memecahkan permasalahan, kreativitas, rasa percaya diri (self-confidence) dan rasa bangga atas kemampuannya (self esteem).

 

  • Pendampingan dan dana bergulir

Kegiatan Kewirausahaan menjadi salah satu alternatif peluang kerja dan menjadi sarana untuk menghasilkan para pencipta lapangan kerja (Job Creator) sehingga perlu diberikan motivasi dan pembinaan kewirausahaan melalui konsultasi, pendampingan dan pemberian dana bergulir. Tujuan kegiatan ini adalah (i) Memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi para wirausahawan (ii) Meningkatkan kemampuan wirausaha dalam bidang pemasaran, pengembangan mutu produk, dan manajemen usaha dan (iii) Menyediakan modal bergulir bagi wirausaha kecil.