Hardskill vs Softskill

Career Tips | 06 Juli 2021 11:32 wib Halo Sobat Karir! ☺️

Dalam bekerja, tentu dibutuhkan keahlian tertentu. Keahlian yang berbeda dan sering kali dibanding-bandingkan adalah hard skill dan soft skill. Salah satu dari keduanya digadang-gadang lebih penting daripada yang lain, terutama di dunia kerja.

Skill, merupakan aspek fundamental yang harus dimiliki setiap orang dalam menggapai karir impian. Bahkan, orang yang telah memasuki dunia kerja pun tetap dituntut untuk terus meningkatkan skill, baik untuk meningkatkan karir maupun untuk kemajuan perusahaannya.

Hard skill adalah bagian dari rangkaian keterampilan teknis yang diperlukan untuk suatu pekerjaan. Hard skill merupakan suatu keahlian yang diperlukan bagi seorang individu untuk berhasil melakukan pekerjaan. Hard skill dapat diperoleh dari proses pendidikan, pelatihan, membaca referensi, dan lain-lain.

Recruiter biasanya melihat skill ini dengan mudah karena lebih terlihat nyata hasilnya dan dapat dinilai langsung. Misalnya melalui portofolio hasil kerja, penilaian terhadap pengoperasian system atau aplikasi tertentu, dll. Kemampuan ini tentunya penting, agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Hard skill  biasanya identik dengan kecerdasan (IQ). 

Softskill merupakan kemampuan karakteristik yang menempel pada setiap individu, tidak berwujud dan tidak dapat diukur. Skill ini meliputi keterampilan berpikir kritis, komunikasi, pengelolaan emosi, kepemimpinan, etika profesional, pengambilan keputusan, dll. Di dunia kerja, soft skill diperlukan untuk keberhasilan individu maupun perusahaan karena berkaitan dengan pengelolaan hubungan dengan orang atau pihak lain.

Softskill dapat dibentuk dengan sering berlatih, memperluas pergaulan, aktif menerima insight, dan aktif berorganisasi atau berkomunitas positif. Nah, softskill seringkali identik dengan kecerdasan emosional (EQ). Selain kecerdasan emosional, kemampuan ini juga identik dengan empati dan keterampilan interpersonal.



_____________

More information
CDA IPB, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB
• Website : http://cda.ipb.ac.id
• Instagram : cda_ipb
• Fanspage Fb : CDA IPB
• Twitter : cda_ipb
• Line : @cda_ipb (gunakan '@')
• linkedin : CDA IPB




Link
Dilihat 176 kali