Langkah menentukan bisnis dengan Design Thinking

Career Tips | 18 Maret 2022 11:03 wib Halo Sobat Karir!

Design Thinking adalah proses berulang dimana kita berusaha memahami pengguna, menantang asumsi, dan mendefinisikan kembali masalah dalam upaya mengidentifikasi strategi dan solusi alternatif yang mungkin tidak langsung terlihat dengan tingkat awal pemahaman kita. Pada saat yang sama, Design Thinking menyediakan pendekatan berbasis solusi untuk menyelesaikan masalah. Ini adalah cara berpikir dan bekerja serta kumpulan metode langsung.

Berikut ini adalah Langkah menentukan bisnis dengan Design Thinking

  1. Empathize
    Tahap pertama dari proses Design Thinking adalah untuk mendapatkan pemahaman empatik tentang masalah yang dicoba untuk diselesaikan. Kegiatan ini di lakukan dengan bercakap-cakap dengan beberapa konsumen target dengan menggali mengapa produk tersebut penting bagi dirinya. 

  2. Define
    Selama tahap Define, kita mengumpulkan informasi yang telah kita buat dan kumpulkan selama tahap Empathize. Di sinilah kita akan menganalisis pengamatan dan mensintesisnya untuk membangun fitur, fungsi, dan elemen lain yang akan memungkinkan mereka untuk beralih ke bisnis yang akan kamu buat. 

  3. Ideate
    Setelah mendapatkan fungsi dan elemen bisnis baru yang telah dirumuskan, kita mulai untuk mengumpulkan berbagai ide. Kemudian kita menyelidiki dan menguji ide-ide kita sehingga kita dapat menemukan cara terbaik untuk membangun bisnis yang optimal. 

  4. Prototype
    Dipilih lah salah satu ide kemudian diwujudkan dalam bentuk prototype model maupun produk yang kemudian dibagikan dan diuji dalam tim internal maupun kerabat. Ini adalah fase eksperimental, dan tujuannya adalah untuk mengidentifikasi solusi terbaik untuk setiap masalah yang diidentifikasi selama tiga tahap pertama. 

  5. Test
    Share & Get Feedback. Biarkan kerabat kita merasakan pengalaman dari prototype yang kita buat. Lihat bagaimana partner menggunakannya, apakah ia menggunakan dengan benar atau salah, nyaman atau tidak nyaman. Berikan kesempatan pada partner untuk memberi masukan. 
Itulah serangkaian langkah untuk memulai bisnis kita dari nol. Apakah dengan langkah itu sudah cukup untuk membuat bisnis yang besar? Itu saja mungkin cukup, tetapi dengan Design Thinking ini, kita masih dalam fase awal bisnis.
Dilihat 718 kali
Link