4 Pivot Strategi Mempertahankan Bisnis

Career Tips | 01 Januari 1970 07:00 wib Halo Sobat Karir!

Dalam melakukan inovasi atau perubahan ada yang disebut dengan istilah “poros”. Dalam bisnis, pivot dilakukan dengan mengubah arah atau strategi dengan tetap menjaga visi bisnis itu sendiri. Berikut beberapa opsi pivot dalam bisnis yang bisa kita ambil saat harus mengambil keputusan untuk berubah.

Berikut adalah 4 Pivot Strategi Mempertahankan Bisnis



Dalam melakukan inovasi atau perubahan ada yang disebut dengan istilah “poros”. Dalam bisnis, pivot dilakukan dengan mengubah arah atau strategi dengan tetap menjaga visi bisnis itu sendiri. Berikut beberapa opsi pivot dalam bisnis yang bisa kita ambil saat harus mengambil keputusan untuk berubah


  1. Zoom In Pivot
    Seperti namanya, zoom-in pivot adalah perubahan strategi dengan berfokus pada produk / layanan yang Anda miliki. Hal ini tentunya dilakukan dengan berbagai pertimbangan, seperti dengan fokus pada produk yang lebih sedikit jumlahnya maka kualitas yang dihasilkan dapat lebih ditingkatkan.

  2. Zoom Out Pivot
    Berbeda dengan zoom in, zoom out merupakan strategi perubahan dengan menambahkan fitur pada suatu produk atau layanan. Jika diperhatikan, cukup banyak pelaku usaha yang telah menerapkan strategi zoom out ini, bisa jadi karena seiring berjalannya waktu sebuah bisnis semakin mampu membaca berbagai kebutuhan konsumennya lainnya yang masih terkait dengan produknya yang sudah ada.

  3. Customer Segment Pivot
    Berbeda dengan 2 pivot sebelumnya yang lebih menekankan pada produk, customer segment pivot ini lebih pada segmentasi konsumen. Contoh pergerakan pada pivot ini adalah ketika produk anda diutamakan pada segmen wanita, namun ketika dipasarkan lebih digandrungi oleh segmen pria. Sehingga targeting bisnis pun mesti ditambah maupun diubah. 

  4. Business Architecture Pivot
    Business Architecture Pivot adalah perubahan dari B2B (Business to business) ke B2C (Business to Consumer) atau sebaliknya. Hal ini cukup sering terjadi, misalnya toko jasa percetakan yang awalnya diperuntukkan bagi kalangan pelajar (retail), namun lebih sering melakukan pemesanan dari kantor arsitektur (B2B).



_________________
More Information
CDA IPB, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB
- Website : http://cda.ipb.ac.id
- Instagram : cda_ipb
- Fanspage FB : CDA IPB
- Twitter : cda_ipb
- Line : @cda_ipb (gunakan '@')
- LinkedIn : CDA IPB

Dilihat 133 kali
Link