“PENGALAMAN” Bagi Fresh Graduate untuk mencari kerja

Career Tips | 06 Juli 2021 14:35 wib Halo Sobat Karir!

Pengalaman apa saja sih yang bisa dituliskan di CV ? “Pengalaman” yang dimaksud bukan hanya pengalaman kerja di sebuah perusahaan kok, kalian yang baru saja lulus bisa jadi sudah punya banyak pengalaman loh.

Pengalaman apa saja sih yang bisa dituliskan di CV ? “Pengalaman” yang dimaksud bukan hanya pengalaman kerja di sebuah perusahaan kok, kalian yang baru saja lulus bisa jadi sudah punya banyak pengalaman loh. Kira-kira apa saja sih? 




  1. Pengalaman magang.
    Dengan kamu ikut magang, kamu akan belajar banyak kondisi sesungguhnya dunia kerja dan simulasi kerja secara langsung. Tentunya ini akan menjadi pengalaman berharga saat mencari karir impian.

  2. Pengalaman berorganisasi di BEM, Himpunan, komunitas ataupun UKM
    Secara garis besar selama kita berorganisasi kita sudah membantu pengembangan skill untuk persiapan kerja. Kita belajar bagaimana kita membuat keputusan, kreativitas, kerja bersama dengan tim dan masih banyak lagi.

  3. Pengabdian sosial atau kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan masyarakat seperti KKN.
    Bersosial, beradaptasi, menganalisa permasalahan masyarakat dan membuat beberapa program untuk mengatasi permasalahan tersebut juga membantu kita lebih siap di dunia kerja

  4. Pengalaman kepanitiaan atau volunteer.
    Selama kuliah, jika kamu suka pada bidang-bidang kepanitiaan tertentu, bisa juga membantu persiapan karir kamu. Dengan banyak mengerjakan jobdesk kepanitiaan, kamu sedikit banyak paham bekerja sama untuk target tertentu

  5. Lomba, Pertukaran pelajar, Konferensi, dll.
    Hal ini menunjukkan keaktifan kamu serta kemampuan akademik kamu lho, sehingga dengan aktif mengikuti kompetisi atau kegiatan akademis, bisa membantu kamu memperluas pengalaman dan lebih siap memasuki dunia kerja. Beberapa posisi pekerjaan juga melirik prestasi sebagai bahan pertimbangan. 

  6. Project independen
    Jika kamu punya project yang kamu kerjakan sendiri ataupun kelompok, dapat juga menambah portofolio pengalaman kamu. Dan ini menunjukkan bahwa kamu punya passion yang kuat dalam hal tersebut.

Pengalaman-pengalaman tersebut sangat membantu kita untuk menghadapi dunia kerja, disana kita belajar menjadi memimpin team, mengambil keputusan, berinovasi, mengelola keuangan, komunikasi, manajemen waktu, dan skil-skil lainnya

Jadi yuk perbanyak terus pengalamanmu dan manfaatkan waktu yang kita punya seoptimal mungkin.


___________________
More information
CDA IPB, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB
• Website : http://cda.ipb.ac.id
• Instagram : cda_ipb
• Fanspage Fb : CDA IPB
• Twitter : cda_ipb
• Line : @cda_ipb (gunakan '@')
• linkedin : CDA IPB


Link
Dilihat 113 kali