Tips Menghadapi Focus Group Discussion

Career Tips | 21 Maret 2022 13:30 wib Bagaimana tips mengikuti seleksi Focus Group Discussion

Penulis : Nur Fajri Rahmawati (Human Resources Management certified in Recruitment & Selection - Senior Manager Training & Recruitment CDA IPB)



FGD ATAU FOCUS GROUP DISCUSSION,  juga merupakan salah satu sarana recruiter untuk melakukan seleksi kandidat. Biasanya, recruiter mengadakan seleksi FGD sebagai sarana untuk menilai kemampuan komunikasi, team work, leadership, problem solving, ber-ide dan kemampuan berpikir kritis

Dalam FGD, biasanya recruiter memberikan studi kasus tertentu yang harus dibahas secara berkelompok. Saat mengikuti seleksi FGD, pastikan kamu aktif berdiskusi dan memberikan gambaran serta ide atas pemikiran original kamu.

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengikuti seleksi FGD.

  1. Inisiatif. Biasanya ketika moderator sudah mempersilakan para peserta FGD untuk memulai diskusi, akan terjadi keheningan selama beberapa saat, saat seperti ini ada baiknya kamu berinisiatif untuk memulai diskusi. Inisiatif seperti ini, bisa diikuti juga dengan inisiatif untuk menjadi discussion leader untuk mengatur jalannya diskusi.
  2. Aktif, namun tidak mendominasi full proses diskusi. Pada proses diskusi, yang terpenting adalah mampu menghasilkan output dari permasalahan yang diberikan, dilihat dari berbagai sudut pandang. Sehingga ide-ide yang muncul dari peserta disini pun akan sangat beragam. Tugas peserta FGD adalah mampu merumuskan ide-ide yang muncul untuk menghasilkan output tertentu.
  3. Ber-ide. Ide merupakan hal krusial dan penting dalam proses FGD, dan kemampuan ber-ide ini jugalah yang menjadi salah satu penilaian penting di FGD. Jadi, saat kamu mengikuti seleksi FGD. pastikan kamu memiliki ide dan mengutarakannya dengan bahasa dan intonasi baik.
  4. Tetap pada topik. Hindari diskusi yang melebar dan diluar topik yang diberikan, karena kelompok kamu harus memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik untuk menghasilkan output diskusi.
  5. Respectful. Walapun kita dituntut untuk memiliki ide, namun bukan berarti kita terus menerus menolak ide dan pendapat orang lain. Kamu harus tetap respect dan menghargai ide orang lain, memberikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapat, dan menghargainya.
  6. Perhatikan waktu. Waktu yang diberikan pada saat FGD terbatas dan disini kelompok kamu harus menghasilkan output diskusi. Sehingga manfaatkan waktu sebaik mungkin, dan ada baiknya tunjuk 1 orang yang bersedia menjadi timer.
Untuk bisa sukses menjalani seleksi FGD, kamu perlu banyak melakukan latihan dan perluas pengetahuan terkini ataupun pengetahuan mengenai perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa manfaatkan beberapa sesi pelatihan FGD atau sering mengikuti sesi diskusi di organisasi kamu.
Dilihat 231 kali
Link