PASSION

Career Tips | 21 Maret 2022 13:49 wib Pentingkah passion dan apa hubungannya untuk karir ?

Penulis : Nur Fajri Rahmawati (Human Resources Management certified in Recruitment & Selection - Senior Manager Training & Recruitment CDA IPB)



Simon sinek dalam quotesnya menyatakan if you work hard for something you care, its called passion. But if you work hard for something you dont care, its called stress.

Passion adalah dorongan kuat untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai, bahagia dan nyaman mengerjakannya dan selalu ingin mengembangkan diri untuk menjadi semakin ahli di bidang tersebut.

Bayangkan jika kamu memperoleh pekerjaan sesuai dengan passion, maka kamu akan selalu merasa bahagia mengerjakan tugas kamu, merasa bertanggung jawab atas hal tersebut, dan punya dorongan kuat untuk membuat pekerjaanmu maksimal dan optimal. Sehingga ketika diberi challenge dan target baru pun, kamu akan enjoy melaksanakan tantangan tersebut

Lalu bagaimana caranya menemukan passion ?

  1. Assessment. Kamu bisa.menjalani tes minat karir di berbagai portal psikologi utk mengukur tingkat ketertarikan karir kamu
  2. Refleksi diri. Dengan berbagai pertanyaan seperti : (a) dimana waktu saya habiskan selama ini ? (b) pada komunitas apa saya merasa enjoy menjalani tugas2 saya (c) dan saat mengerjakan apa saya selalu rela ber effort lebih untuk pengoptimalan hasil. Misalnya, ketika kamu merasa bahagia menjadi asisten dosen, melakukan proses belajar mengajar dan sangat enjoy mengerjakan tanggung jawab pada assisten dosen. Maka, bisa jadi kamu ada ketertarikan dalam profesi mengajar.
  3. Cari feedback. Dengan mencari feedback dari teman organisasi, komunitas, dosen, keluarga ataupun teman sekelas, kamu akan lebih mudah mengerucutkan kemampuan kamu lebih optimal di bagian mana. Misalnya, kamu dinilai baik dan hasil kelompok sangat bagus ketika kamu menjadi ketua kelompok. Dan kamu sendiri sangat enjoy menjalani tugas ketua. Bisa jadi, ketertarikan kamu adalah pada pekerjaan-pekerjaan yang butuh leadership, influence dan decision making yang kuat.
  4. Perluas pergaulan dan aktivitas. Terutama bagi kamu yang masih sulit menemukan passion kamu dimana, kamu bisa perluas aktivitas dan komunitas, sehingga semakin banyak tantangan dan jenis pekerjaan yang kamu hadapi. Dengan begitu kamu punya banyak peluang menemukan type tugas seperti apa yang kamu rasa itu passion kamu.
Terus semangat membangun karir dan mencari atau mengembangkan passion kamu.
Dilihat 175 kali
Link