Bank Indonesia


Profil

Bank Indonesia merupakan sebuah lembaga negara yang memiliki tujuan yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dalam rangka mencapai tujuannya tersebut, Bank Indonesia melaksanakan kebijakan moneter secara berkelanjutan, konsisten, transparan, dan harus mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah di bidang perekonomian.

Untuk mendukung kebijakan moneter, Undang-Undang Republik Indonesia No. 23/1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/2009, memberikan kewenangan kepada Bank Indonesia sebagai otoritas syistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, menjaga stabilitas syistem keuangan dan makro prudensial. Selain itu, sebagai lembaga negara Bank Indonesia memiliki kedudukan sebagai lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerint‚Äč‚Äčah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam Undang-Undang ini. Dalam menjalankan mandat mulia guna menjaga stabilitas makro perekonomian Negara Indonesia, Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar utama yang menjadi bidang tugasnya, yakni (1) Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter (2) Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran; dan (3) Menjaga stabilitas sistem keuangan.

Saat ini, Bank Indonesia dipimpin oleh Dewan Gubernur yang terdiri atas seorang Gubernur, seorang Deputi Gubernur Senior dan empat orang Deputi Gubernur. Bank Indonesia memiliki 80 satuan kerja yang terdiri dari 29 satuan kerja di Kantor Pusat Bank Indonesia, 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri yang tersebar di Provinsi dan Kota di seluruh Indonesia, serta 5 Kantor Pewakilan Bank Indonesia yang berada di 5 negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Singapura dan Tiongkok.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai otoritas moneter, otoritas syistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, menjaga stabilitas syistem keuangan dan makro prudensial, Bank Indonesia membutuhkan pegawai yang memiliki komitmen kuat untuk membangun negara kesatuan Republik Indonesia, integritas , dan motivasi tinggi untuk mengembangkan kompetensi. Komitmen seluruh elemen di Bank Indonesia dalam memberikan kontribusi terbaik dan peran masing-masing diperlukan guna mewujudkan visi Bank Indonesia menjadi Bank Sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia Maju.

Bank Indonesia senantiasa mendorong dan memberikan fasilitasi bagi pegawainya untuk mengembangkan kompetensi dan keahlian antara lain melalui peningkatan kualifikasi pendidikan formal melalui Program Tugas Belajar (PTB) memberikan kesempatan kepada pegawai yang memiliki potensi dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada perguruan tinggi terbaik di dunia baik pada jenjang S2 dan/atau jenjang S3. Selain itu, Bank Indonesia juga memberikan kesempatan pengembangan kepada Pegawainya melalui penugasan ke lembaga eksternal yang bekerjasama dengan Bank Indonesia baik di dalam negeri (seperti OJK, LPS, PPATK) maupun luar negeri (AMRO, IMF, World Bank). Seluruh kesempatan tersebut diberikan Bank Indonesia guna menghasilkan SDM yang terbaik dan berkualitas yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin Bank Indonesia masa depan yang tidak hanya unggul dari sisi akademis namun juga memiliki mental kuat dalam menghadapi dinamika perubahan di dunia.

Selain sebagai wadah untuk berkontribusi bagi perekonomian Bangsa, berkarir di Bank Indonesia juga merupakan wadah bagi para pegawainya untuk menyalurkan hobi, potensi dan kreativitas yang dimiliki. Hal ini diwujudkan melalui implementasi 4 pilar budaya kerja Bank Indonesia, yakni BI Religi, BI Prestasi, BI Inovasi dan BI Digital. Keempat pilar budaya kerja ini turut memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kinerja unggul Bank Indonesia dan menciptakan kualitas SDM Bank Indonesia yang kompeten, professional dan berakhlak mulia. Dalam upaya meningkatkan sense of belongingness pegawai dalam melaksanakan dan menginternalisasi keempat pilar budaya kerja tersebut, Bank Indonesia memberikan reward yang menarik kepada pegawai yang berprestasi, menunjukan komitmen, dan mampu menjadi role model. Reward yang diberikan bukan hanya yang bersifat material, namun berupa pengalaman berharga yaitu kesempatan untuk melakukan kunjungan belajar ke perusahaan-perusahaan ternama di dunia, antara lain NASA, FACEBOOK, IKEA, dll. Selain itu, kehadiran organisasi Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) juga menjadi wadah bagi Pegawai dalam mengasah pengalaman berorganisasi, menyalurkan kreativitas melalui event-event yang diselenggarakan, serta dapat menyalurkan hobi melalui kegiatan-kegiatan ekstra seperti olahraga, kesenian, komunitas, dll.



CAREER EXPO
SCHOLARSHIP EXPO