CDA IPB Adakan Training Persiapan Karir Offline Perdana

Berita Umum | 31 Maret 2022 00:00 wib Direktorat kemahasiswaan dan pengembangan karir melalui subdit Pengembangan karir & kewirausahaan (CDAIPB), untuk pertama kalinya Kembali menggelar acara secara offline [ 28/03][bogor]. Sekolah Vokasi IPB dihadiri 30 orang peserta. Dan didampingi oleh beberapa fasilitator yang akan membantu pada saat jalannya kegiatan.

Dibawakan oleh trainer yang bergelut didunia rekrutmen yakni Nur Fajri rahmawati. Dengan panggilan “ rahma”, ia memberikan training untuk memperkenalkan mempersiapkan karir, dalam training   dan menjelaskan bagaimana step- step untuk mempersiapkan karir, dan membranding diri dalam mempersiapkan karir melalui CV, interview, FGD.

Sesi pertama diisi dengan materi cara mengenali diri dengan menggali passion diri, dalam sesi ini passion  sangat berperan penting dalam bekerja, agar performa kerja akan maksimal dalam bekerja. 

 Menurutnya “kalau mengerjakan pekerjaaan tidak dengan passion dan senang hati  maka semua  tidak akan maksimal, dan tidak akan ada inovasi untuk mengembangkan diri.”Ucapnya. Dalam training kelas kali ini rahma mewajibkan Peserta untuk mencari passion tersebut dengan  cara self assessment, bisa dengan online assessment atau menggunakan beberapa tools aplikasi yang dapat membantu untuk menemukan, passion.  Ia juga menyarankan agar mengEksplorasi diri,  dengan cara mengeksplorasi diri  dapat memperluas wawasan, mencoba hal baru, membuka diri dan memperbanyak networking.

Dalam tahapan mempersiapkan diri selain mengenali diri skill apa yang dimiliki, baik secara hard skill dan soft skill. Menurutnya bahwa perusahaan lebih suka menyukai soft skill yang tinggi karena hard skill itu dapat dipelajari. Sedangkan soft skill tidak, soft skill itu sudah cenderung ada pada dirinya. Dan hal – hal seperti FGD, dan test – test tersebut  merupakan tambahan lolosnya kualifikasi menjadi kandidat. 

 Selain membahas mempersiapkan diri, rahma juga  memberikan tips untuk  mengembangkan skill, memperluas wawasan, perluas pergaulan (networking) agar dapat menambah insight – insight, perbanyak pelatihan untuk menemukan skill baru, aktif organisasi, minta feedback ( untuk melihat kapasitas diri), temukan mentor ( untuk mementoring ). Sarannya.


 Dilanjutkan materi Career suit spot, cara untuk menemukan karir impian, yakni Karir yang manis, yang diinginkan, sesuai skill yang dimiliki.  Juga Session selanjutnya mengisi worksheet, dalam diskusi dibantu oleh fasilitator. Dalam waktu 15 menit. 

 Dalam materi terakhir selanjutnya adalah personal branding  dimana materi ini sangat penting untuk peserta training, untuk mengetahui kemana arah karir yang akan dituju. Dilanjutkan dengan mempersiapkan CV & Cover letter yang baik. 

“Bagaimana cover letter itu untuk kesan pertama dari Cv yang highlight.” Ucapnya, lalu ia menambahkan Tips untuk cover letter,  bagaimana cara penulisan CV. Serta dilanjutkan beberapa materi pembahasan lain seperti FGD, dan interview.[28/03][bogor][dewie].
Dilihat 194 kali
Link