Career Faculty Roadshow 2022: Chapter Fakultas Kehutanan dan Lingkungan

Berita Umum | 11 April 2022 13:12 wib Beberapa alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan diundang untuk berbagi kisah karir pada kegiatan Career Faculty Roadshow (CFR) Chapter Fahutan (10/04/2022). CFR merupakan kegiatan roadshow karir besar yang dilakukan ke seluruh fakultas yang ada di IPB. Sebanyak 88 peserta menghadiri kegiatan CFR Chapter Fahutan melalui media zoom meeting (secara online). Pada CFR Chapter Fahutan, CDA IPB bekerjasama dengan BEM Fahutan dan seluruh himpunan profesi (himpro) yang ada di fahutan diantaranya Himpunan Mahasiswa Hasil Hutan (Himasiltan), Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA), Himpunan Profesi Silvikultur (Tree Grower Community) dan Forest Management Students' Club (FMSC).

Seluruh himpro sebagai humas berhasil mengundang 5 pembicara alumni dari departemen yang berbeda-beda yaitu:

  1. Fauziyyah Amatullah Lamis, S.Hut - alumni Manajemen Hutan IPB

  2. Pandu Andhika Prakasa, S.Hut - alumni Hasil Hutan IPB

  3. Luthfi Ramdani Yusuf, S.Hut - Alumni Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB

  4. Donny Hermawan, S. Hut - Alumni Silvikultur IPB

  5. Ilham Suganda, S.Hut - Alumni Manajemen Hutan IPB.


Kegiatan dihadiri oleh Asisten Direktur Pengembangan Karir IPB yang juga merupakan alumni Fahutan yaitu Dr. Handian Purwawangsa, S.Hut, M.Si. Dr. Handian menyambut hangat mahasiswa dan alumni yang hadir pada kegiatan ini. Sebagai Asisten Direktur Pengembangan Karir, Dr. Handian menjelaskan bahwa fokus tujuan dari CDA IPB yaitu untuk  mempersiapkan kapasitasi lebih bagi para calon lulusan sehingga bisa memiliki kemampuan lebih ketika lulus. “Salah satu strategi kita adalah mengenalkan mengenai situasi dunia kerja melalui alumni yang sudah bekerja” papar Dr. Handian.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fahutan IPB, Dr. Ir. Noor Farikhah Haneda, M.Si, juga menyambut hangat peserta kegiatan sekaligus membuka acara CFR Chapter Fahutan “Semoga adik-adik mahasiswa mendapatkan informasi tentang pasca kampus sehingga mendapatkan gambaran karir, apakah alumni kehutanan harus bekerja di bidang kehutanan atau bisa di luar kehutanan sehingga dapat memberikan pencerahan” papar Dr. Noor Farikhah. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk menambah relasi (networking). 

Alumni pertama yang berbagi pada CFR hari ini adalah Fauziyyah Amatullah Lamis yang berkarir di bidang non linier dengan kehutanan. Saat ini Fauziyyah tengah berkarir sebagai General Manager of Green Environment Technology Indonesia. Karirnya tidak berhubungan dengan keilmuan di manajemen hutan IPB. Kini Ia mengelola tim perusahaan energi terbarukan sebagai manajer muda. Fauziyyah menyatakan bahwa karir saat ini dapat dicapai karena passion sejak kecil. “Sejak kecil saya aware terkait ketahanan pangan juga terkait energi. Dulu saya baca buku ada energi terbarukan salah satunya matahari” papar Fauziyyah. Ia mengatakan bahwa passion dan rasa ingin belajarlah yang mengantarkannya ke dunia karir saat ini. Selalu penasaran dan belajar hal baru membuatnya dipercaya untuk menempati posisi manajer walau bukan bidang keilmuannya saat di kampus. Ia juga sempat menimba ilmu kuliah di Korea. 

Setelah Fauziyyah yang berkarir non linier, saatnya tiba pembicara linier yang berbagi. Pembicara linier adalah alumni yang bekerja di bidang yang sesuai dengan keilmuan saat di kampus. Masing-masing departemen di Fahutan dihadiri oleh alumni yang sudah berkarir. Pada departemen Manajemen Hasil Hutan (MNH), terdapat Pandu Adhika Prakasa yang kini berkarir sebagai Program Officer di perusahaan yang sangat mendukung pengembangan hutan yaitu Korea-Indonesia Forest Cooperation Center (KIFC). Luthfi Ramdani Yusuf, S.Hut sebagai alumni Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE) menceritakan tugas-tugasnya sebagai ASN di Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Alumni Silvikultur IPB, Donny Hermawan, bercerita tentang penerapan keilmuan silvikultur yaitu menganalisis vegetasi hutan di PT Bumi Mekar Hijau. Pembicara kelima adalah Ilham Suganda dari jurusan yang sama dengan Fauziyyah yaitu MNH tetapi ia memiliki karir yang linier. Ilham Suganda kini berkarir di perusahaan kehutanan yaitu PT Musi Hutan Persada sebagai supervisor. Pembicara linier berbagi secara interaktif di breakout room. Seluruh peserta dipersilahkan berkomunikasi interaktif baik bertanya hingga konsultasi karir.
Dilihat 20 kali
Link