Career Faculty Roadshow 2022 Chapter Sekolah Vokasi I

Berita Umum | 18 April 2022 13:18 wib Pada hari Minggu, 17 April 2022 CDA IPB berkolaborasi dengan Sekolah Vokasi menyelenggarakan acara Career Faculty Roadshow 2022 yang dibuka oleh Asisten Direktur Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Dr. Handian purwawangsa, S.Hut, M,Si. Materi pada CFR Chapter Sekolah Vokasi I tentang Define your Career for your Birght Future disampaikan oleh Muhammad Ricki Cahyana alumni vokasi IPB Angkatan 46 yang sekarang bekerja sebagai Change Management Officer di Otoritas Jasa Keuangan. Kak Ricki memiliki karir di jalur non liniear tepatnya bidang people development. Selain itu, kak Ricki juga aktif dalam kegiatan komunitas dan sekarang menjadi koordinator regional Rumah Millenials.

Berbicara soal passion dan karir terdapat 6 poin penting yaitu interest, time will fly by when you engaged in it, ask around, who I am?, mentor, dan try and practice. Beberapa skill set yang harus dipersiapkan untuk berkarir paling tidak ada 4 kemampuan dasar yaitu networking, speaking, organizing, dan analytic. Networking dapat meningkatkan untuk relasi, speaking adalah komponen penting dalam rekrutmen yang dapat dilatih, organizing dan analytic dapat dilatih sejak kuliah dari penyelenggaraan kegiatan dan analisis masalah.

Kak Ricki mengelompokkan 4 career option untuk jalur non linier yaitu marketer, consultant, analyst/operational, dan entrepreneur. Marketer berbekal skill set sebelumnya dan marketer adalah profesi yang menjanjikan. Consultant memiliki kemampuan Menyusun strategi dan analisis serta pandai berbicara. Analyst/operational hal yang mendasari profesi ini adalah kemampuan analisa yang baik. Entrepreneur sudah tertanam di IPB karena kampus membekali kita dengan manajemen resiko atau studi kelayakan, dan manajemen operasional. Dalam perjalanan untuk melejitkan karir diperlukan fast (mau menerima tantangan), accountable (kemampuan menganalisis), self-starter (mengemukakan ide atau gagasan), dan team player (mampu bekerja dalam tim).

Penulis: rmzahra
Dilihat 97 kali
Link