Training Persiapan Karir April 2022

Berita Umum | 27 April 2022 13:24 wib Training persiapan karir rutin kembali digelar oleh CDA IPB pada bulan April 2022 ini. Seperti biasa, trainer yang mengisi kegiatan adalah Nur Fajri Rahmawati atau akrab disapa Mba Rahma, serta ditemani oleh empat orang fasilitator yaitu Alif, Fitriyah, Safira, dan Amanah. Training dihadiri oleh sejumlah peserta yang turut aktif berinteraksi. Sebagai permulaan, Mba Rahma memaparkan materi seputar persiapan karir, seperti self-understanding, menentukan career options, melakukan personal branding, lalu bagaimana membuat CV dan cover letter yang outstanding. Personal understanding berarti bagaimana kita mengeksplorasi skill dan keunikan diri serta mengembangkan passion yang dimiliki sembari menentukan goal karir. Apabila goal karir sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan career option branding process dan diikuti dengan personal branding, baik melalui media sosial, maupun melalui proses seleksi (seperti CV, interview, FGD, dsb).

Bagaimana cara menentukan passion? Bisa melalui self-assessment, refleksi diri, eksplorasi diri, dan seeking feedback dari orang di sekitar. Kegiatan lalu diselingi dengan praktik mengisi online assessment minat karir pada website www.cda.ipb.ac.id. Terdapat enam interpretasi hasil dari assessment tersebut, antara lain Executor, Persuader, Creator, Savior, Thinker, and Organizer. Berikutnya. Berikutnya, Mba Rahma menjelaskan tahapan proses seleksi yang terdiri atas publikasi info lowongan kerja, seleksi basic, psikotes, dan wawancara kerja. Opsi karir yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari corporation, government, NGO, start-up company, dan entrepreneur.

Personal branding merupakan langkah untuk membuat persepsi publik terhadap seorang individu dengan cara menampilkan kekuatan dan keunikan diri. Cara termudah untuk mengetahui sudah sejauh mana personal branding kita adalah dengan mencari nama kita sendiri di Google lalu lihatlah apa yang muncul di sana. Berikutnya, hal yang perlu dilakukan adalah menemukan brand diri kita, lalu mengembangkannya, lalu mengkomunikasikannya dengan jelas, menjaganya setiap saat, serta menyebarkan personal branding kita ke khalayak dunia.

Materi berikutnya adalah seputar CV. Hal yang harus disiapkan sebelum membuat CV adalah pahami kompetenesi dan potensi diri, tentukan perusahaan target, lakukan riset perusahaan dan posisi kerja, serta make it outstanding. Mba Rahma juga menjelaskan mengenai layout CV yang cenderung disukai perusahaan dan mudah untuk dibaca secara otomatis melalui fitur ATS. Setelah itu, peserta training dibagi ke dalam sejumlah break out room, untuk direview CV-nya oleh para fasilitator.


Penulis: Amanah Annisa Putri

Dilihat 389 kali
Link