Career Faculty Roadshow 2022: Chapter Fakultas Kedokteran Hewan (FKH)

Berita Umum | 04 April 2022 13:08 wib Career Development and Assessment IPB berkolaborasi dengan BEM Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) atau yang sebelumnya disebut Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), menyelenggarakan kegiatan Career Faculty Roadshow pada Sabtu, 2 April 2022. Kegiatan ini mengundang dua pembicara yang merupakan alumni dari SKHB dan dihadiri oleh 72 mahasiswa aktif lintas angkatan di SKHB. Pembicara pertama memiliki latar belakang profesi non linear dengan program studi yakni drh. Vincent Morgan Leonardo selaku MT Sales Supervisor di PT. Arta Boga Cemerlang dan pembicara kedua dengan latar belakang profesi linear yakni drh. Firsa Irsyadi Pratamam selaku staf divisi hewan laboratorium di PT. Bio Farma.

Kegiatan dibuka dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne IPB. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si selaku Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB. Bapak Alim menyampaikan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan CFR Chapter SKHB dan kehadiran seluruh peserta. Kehadiran peserta pada kegiatan ini merupakan salah bentuk komitmen mahasiswa dalam mempersiapkan karir masa depan. Persiapan karir tidak hanya terkait dengan skill atau kompetensi, tetapi juga soft skill. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan yakni Prof. drh. Ni Wayan Kurniani Karja, MP, PhD. Ibu Wayan menyampaikan bahwa terdapat 33 bidang kerja dalam dokter hewan yang dapat didalami atau tekuni, seperti di bidang pangan, akuatik kultur, legislasi, import produk hewani dan sebagainya. Melalui sharing bersama kedua alumni di kegiatan CFR ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait peluang profesi sebagai lulusan kedokteran hewan, baik yang linear atau non linear. 


Kegiatan dilanjutkan dengan sesi inti yakni penyampaian materi. Sesi pertama penyampaian materi disampaikan oleh drh. Firsa dengan fokus materi terkait kehidupan di kampus saat menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan kehidupan pasca kampus setelah meraih gelar dokter hewan. Selama menjadi mahasiswa, drh. Firsa belajar beradaptasi dalam lingkungan, sosial maupun akademis serta membentuk diri melalui peningkatan hard skill di bidang keilmuan maupun soft skill. Selama perjalanan menjadi mahasiswa, drh. Firsa menggali apa yang sekiranya menjadi minat dan passion yang ingin ditekuni. Drh. Firsa juga berbagi terkait pengalaman dalam memulai jenjang karir dan juga tips menghadapi dunia kerja. Sesi materi dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh drh. Vincent dengan tema terkait jenjang karir non linear. Drh. Vincent mengutip beberapa fakta terkait dunia kerja, salah satunya tidak satu pun pekerjaan yang hanya mengandalkan satu disiplin minimal ada dua sampai tiga disiplin ilmu yang saling berkaitan. Ada banyak peluang pekerjaan bagi lulusan kedokteran hewan karena jumlah kebutuhan tenaga ahli di bidang kedokteran hewan lebih banyak dibandingkan jumlah lulusannya. Berbeda dengan jurusan lain yang daya serap tenaga kerjanya tidak terlalu tinggi namun jumlah lulusannya banyak. Ini merupakan kesempatan bagi lulusan kedokteran hewan untuk meniti jenjang karir. Drh. Vincent menyampaikan bahwa persiapan karir sejak masih mahasiswa dapat dilakukan dengan cara mengembangkan dan mencari potensi diri melalui kegiatan internship, volunteering, competition, organization, project dan sebagainya. Drh. Vincent kemudian berbagi pengalaman terkait bagaimana bidang keilmuan di kedokteran hewan membantunya dalam mencapai karir sesuai passion. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Kegiatan kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada kedua pembicara dan dokumentasi.


Penulis: Safira Fajrina


Dilihat 40 kali
Link